Instagram Dikabarkan Sedang Mengerjakan Fitur ‘Friend Map’ untuk Pengguna Melacak Lokasi Teman

Instagram, platform media sosial milik Meta, dikabarkan sedang mengerjakan fitur baru yang akan memungkinkan pengguna melacak lokasi teman-teman mereka secara real-time. Fitur ini disebut ‘Friend Map’ dan mirip dengan fitur Snap Map dari Snapchat, aplikasi pesaing Instagram.

Fitur ‘Friend Map’ ini pertama kali terlihat oleh Alessandro Paluzzi, seorang insinyur yang sering menemukan fitur-fitur media sosial yang sedang dikembangkan sebelum diluncurkan secara resmi. Paluzzi membagikan tangkapan layar fitur ini di Threads, sebuah platform diskusi online, pada tahun lalu. Baru-baru ini, seorang juru bicara Meta mengonfirmasi kepada TechCrunch bahwa fitur ini memang ada dan sedang dalam tahap prototipe internal, tetapi belum diuji secara eksternal.

Menurut tangkapan layar yang dibagikan oleh Paluzzi, fitur ‘Friend Map’ akan memungkinkan pengguna memilih siapa yang bisa melihat lokasi mereka. Pengguna bisa membagikan lokasi mereka dengan pengikut yang mengikuti mereka kembali, daftar ‘Close Friends’ mereka, atau tidak sama sekali. Data lokasi pengguna juga akan dienkripsi end-to-end, sehingga tidak bisa diakses oleh pihak ketiga. Selain itu, fitur ini juga akan memiliki pengaturan ‘Ghost Mode’ yang akan menyembunyikan lokasi aktif terakhir pengguna.

Fitur ‘Friend Map’ juga akan memungkinkan pengguna meninggalkan pesan singkat, atau ‘Notes’, di peta untuk dilihat oleh orang lain. ‘Notes’ adalah pesan-pesan yang muncul di bagian atas umpan pesan langsung Instagram, tetapi jika fitur ‘Friend Map’ diluncurkan, pengguna akan memiliki opsi untuk memposting pembaruan singkat ini di peta. Fungsi ‘Notes’ di peta bisa digunakan untuk hal-hal seperti memberi tahu teman-teman tentang toko pop-up yang menarik yang ditemukan pengguna atau restoran baru yang sedang mereka kunjungi.

Kabar tentang fitur ‘Friend Map’ ini muncul saat Instagram telah bekerja untuk meningkatkan penawaran peta dalam aplikasinya. Pada akhir tahun 2022, perusahaan meluncurkan pengalaman peta yang dapat dicari yang memungkinkan pengguna menjelajahi lokasi berlabel populer di sekitar mereka dan menyaring hasil lokasi berdasarkan kategori tertentu seperti restoran, kafe, dan salon kecantikan. Peluncuran peta yang dapat dicari ini terjadi seminggu setelah Prabhakar Raghavan, Wakil Presiden Senior Google, menyatakan bahwa pengguna muda lebih memilih Instagram daripada Google Search atau Maps saat mencari tempat baru.

Dengan fitur ‘Friend Map’ ini, Instagram akan memberikan pengguna alasan lain untuk menghabiskan lebih banyak waktu di aplikasinya, dan lebih sedikit di layanan perusahaan lain. Instagram juga memiliki peluang untuk menarik orang-orang yang merupakan penggemar Zenly, sebuah aplikasi peta sosial yang diakuisisi dan kemudian ditutup oleh Snap tahun lalu.

Jika Instagram berencana meluncurkan ‘Friend Map’ secara resmi, itu akan meniru fitur populer lainnya dari Snapchat, setelah menyalin fungsionalitas Stories inti aplikasi tersebut. Instagram juga akan bersaing dengan Apple dan fitur peta ‘Find My’ yang memungkinkan pengguna melihat di mana teman dan keluarga mereka saat ini berada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *